Perbedaan Surat Lamaran Kerja dan CV (Curriculum Vitae)

Lokersaya.com - Portal Informasi Lowongan Kerja Terbaru, Surat lamaran kerja dan CV (Curriculum Vitae) merupakan berkas yang sangat penting ketika melamar pekerjaan di suatu perusahaan, tanpa adanya kedua berkas tersebut maka mustahil seseorang bisa diterima bekerja di perusahaan.

Surat lamaran kerja dan CV juga menjadi pengantar seseorang untuk bisa mengikuti proses seleksi selanjutnya seperti proses interview, psikotest, dan medical check up (kalau ada). Karena seorang perekrut terlebih dahulu akan menilai berkas surat lamaran kerja beserta CV yang Anda berikan sebelum memanggil Anda interview.

Perbedaan Surat Lamaran Kerja dan CV (Curriculum Vitae)
Credit : https://pixabay.com
Jadi, keberhasilan Anda apakah dipanggil untuk menjalani sesi wawancara atau tidaknya tentu saja bergantung kepada berkas surat lamaran dan CV yang Anda berikan kepada perusahaan. Namun ternyata, masih cukup banyak orang yang belum tahu perbedaan antara surat lamaran kerja dan CV (Curriculum Vitae).

Padahal kedua berkas tersebut merupakan hal yang sangat vital ketika Anda melamar pekerjaan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini lokersaya.com akan menjelaskan apasih bedanya antara surat lamaran kerja dan CV (Curriculum Vitae).

1. Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan berkas umum yang harus diberikan oleh seorang pelamar kepada perusahaan ketika melamar pekerjaan. Isi dari surat lamaran kerja biasanya hanya berisi pernyataan pengantar seorang pelamar kerja mengenai keinginannya melamar pekerjaan tersebut. 

Selain itu, didalam surat lamaran kerja juga memuat informasi pribadi atau biodata si pelamar seperti nama, kontak, alamat tempat tinggal dan yang lainnya. Namun informasi yang dicantumkan dalam surat lamaran kerja biasanya tidak dijelaskan secara detail.

Selain data diri, surat lamaran kerja juga harus memuat informasi mengenai lampiran-lampiran apa saja yang disertakan didalamnya. Seperti fotocopy Ijazah terakhir, SKHUN, SKCK, Surat Keterangan Dokter, KTP, Pas Foto dan dokumen pendukung lainnya.

2. Curriculum Vitae (CV)

Menurut Wikipedia, Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup ialah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman dari seorang pelamar serta kualifikasi lainnya. Fungsi CV adalah untuk memberikan ringkasan mengenai seorang pelamar yang meliputi data diri pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian yang dimiliki, dan informasi pendukung lainnya secara lebih rinci.

Informasi yang dicantumkan didalam CV (seperti keahlian Anda dan lain-lain) tentunya harus relevan dengan kualifikasi / persyaratan dari pekerjaan yang akan dilamar, ini bertujuan agar CV yang Anda berikan mampu menarik minat seorang recruiter untuk merekrut Anda bekerja diperusahaan tersebut.

Itulah perbedaan antara surat lamaran kerja dan CV yang harus Anda ketahui sebelum melamar pekerjaan, tujuannya agar Anda mengetahui informasi apasaja yang seharusnya dicantumkan didalam surat lamaran kerja dan begitu juga sebaliknya.