Inilah 9 Tips Membuat Surat Lamaran Yang Baik dan Benar Agar Sukses Diterima Kerja !

Lowongan Kerja Terbaru (lokersaya.com) - Surat Lamaran Kerja dan Resume/CV (Curriculum Vitae) merupakan berkas yang sangat penting dalam proses melamar pekerjaan di suatu perusahaan, berkas-berkas tersebut merupakan equipment bagi seorang pelamar yang bisa digunakan sebagai modal untuk mendapatkan pekerjaan idaman diperusahaan yang diinginkan.

Inilah 9 Tips Membuat Surat Lamaran Yang Baik dan Benar Agar Sukses Diterima Kerja !
Image source : https://pixabay.com

Selain itu, dengan adanya berkas surat lamaran kerja dan CV juga berguna bagi perusahaan untuk  menilai dan menentukan apakah kandidat tersebut layak untuk diterima atau tidak. Ini dikarenakan berkas-berkas tersebut dapat merepresentasikan diri Anda yang sebenarnya.

Oleh karena itu, keberhasilan Anda diterima atau tidaknya bekerja di suatu perusahaan tentu saja tidak lepas dari berkas-berkas lamaran yang Anda berikan kepada perusahaan.

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Diterima Kerja !

Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar Anda sukses dan berhasil diterima bekerja di perusahaan yang Anda dambakan.

1. Baca baik-baik setiap persyaratan / kualifikasi yang dibutuhkan dalam iklan lowongan kerja tersebut. Ini dikarenakan banyak perusahaan yang biasanya hanya akan memproses setiap berkas lamaran  yang  masuk apabila lamaran tersebut memenuhi kualifikasi, tentunya Anda tidak ingin bukan sudah susah payah membuat dan mengirimkan berkas lamaran namun ternyata surat lamaran kerja yang Anda kirimkan tidak diproses oleh perusahaan yang Anda tuju ? 

2. Susunlah surat lamaran kerja maupun CV menggunakan bahasa formal / bahasa baku yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hindari penggunaan bahasa non-baku atau non-formal agar surat lamaran Anda terkesan santun.

3. Susunlah surat lamaran kerja Anda dengan menarik, faktual, singkat dan jelas (tidak bertele-tele maupun menggunakan kata yang diulang-ulang).

4. Pastikan surat lamaran kerja Anda :
  • Rapi, baik dari segi penulisan maupun layout seperti jarak antar paragraf dll.
  • Tidak ada kesalahan penulisan, ejaan maupun tata bahasa yang digunakan.
  • Bersih, gunakan kertas putih & tinta hitam, tidak ada bekas koreksi seperti tippex.
  • Hindari perbaikan dengan pensil/pulpen, apabila ada kesalahan sebaiknya diketik dan dicetak ulang saja.
  • Gunakan kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan dan tentunya menarik.

5. Apabila Anda menulis surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan, pastikan bahwa tulisan Anda mudah dibaca, hindari penggunaan tulisan tegak bersambung, umumnya tulisan seperti ini agak sukar dibaca oleh orang lain. Selain itu, jangan sampai kertas yang Anda gunakan menjadi kotor, lecek, bahkan rusak, apabila terjadi seperti itu sebaiknya Anda gunakan kertas baru. Sekali lagi, hindari koreksi menggunakan tippex.

6. Buatlah surat lamaran maksimal satu halaman saja. Selain itu, sertakan juga resume / CV untuk melengkapi berkas lamaran agar dapat memberikan impresi pertama yang baik tentang diri Anda.

7. Resume atau CV yang Anda buat harus memuat informasi detail mengenai diri Anda mencakup latar belakang pendidikan, keterampilan yang Anda miliki, pengalaman bekerja baik itu pengalaman kerja full-time, part-time maupun pengalaman kerja sebagai freelance yang dapat memberikan gambaran bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi yang sedang Anda lamar diperushaan tersebut.

8. Dalam membuat CV sebaiknya cantumkan juga pengalaman Anda dalam berorganisasi baik di instansi pemerintahan maupun organisasi kemasyarakatan (jika ada), prestasi yang pernah Anda raih baik disekolah maupun diluar sekolah, ataupun sertifikat-sertifikat pendukung seperti sertifikat Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan lain sebagainya.

9. Setelah selesai membuat surat lamaran kerja dan juga CV, pastikan bahwa tidak terdapat kesalahan penulisan baik itu kesalahan penulisan nama perusahaan, alamat perusahaan, tanggal maupun biodata yang Anda cantumkan. Ini penting, karena ketika berkas lamaran sudah Anda berikan kepada pihak perusahaan, maka Anda tidak akan bisa merevisinya kembali.


Demikian 9 Tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar Anda berhasil dan sukses diterima bekerja diperusahaan yang Anda inginkan.