Inilah 6 Kesalahan Yang Harus Anda Hindari Ketika Wawancara Kerja !

Portal Lowongan Kerja Terbaru - Wawancara / interview adalah waktu yang ditunggu-tunggu ketika seseorang melamar pekerjaan di suatu perusahaan, karena dengan wawancara berarti Anda memiliki kesempatan yang baik untuk bisa diterima bekerja diperusahaan tersebut.

Image source : https://pixabay.com

Wawancara juga biasanya digunakan oleh seorang HRD untuk menggali potensi yang ada dalam diri Anda, biasanya HRD akan memberikan beberapa pertanyaan kepada Anda, dan jawaban yang Anda berikan atas setiap pertanyaan-pertanyaan tersebut turut menentukan apakah Anda berhasil diterima bekerja atau tidak.

Oleh karena itu, ketika akan menghadapi proses wawancara, seorang pelamar harus bisa mempersiapkan diri se-maksimal mungkin, agar proses wawancara berakhir dengan diterimanya Anda bekerja diperusahaan tersebut.

Namun ternyata proses wawancara tidak selamanya berjalan sesuai harapan, ini dikarenakan ada beberapa hal yang luput dari perhatian seorang pelamar ataupun belum adanya persiapan yang matang, berikut adalah kesalahan-kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh seorang pelamar ketika menjalani wawancara yang harus Anda hindari.

1. Lupa menonaktifkan Handphone

Sebelum sesi wawancara berlangsung alangkah baiknya Anda menonaktifkan handphone Anda, atau setidaknya Anda silent terlebih dahulu, ini guna menghindari handphone Anda tiba-tiba berdering ketika sesi wawancara berlangsung. Kalau hal seperti ini terjadi, maka pewawancara akan menganggap Anda tidak serius menjalani sesi wawancara ini.

Apabila dilihat dari segi attitude, tentu saja ini sangat tidak baik, selain akan mengganggu sesi wawancara, Anda juga akan mendapatkan review yang negatif dari pewawancara yang bisa berpotensi gagalnya Anda diterima bekerja.

2. Datang terlambat

Usahakan Anda datang satu jam lebih awal dari jadwal wawancara, jangan biarkan pewawancara menunggu Anda datang karena ini akan memberikan kesan awal yang kurang baik untuk Anda sendiri.

Pertama, apabila pada hari itu ada beberapa kandidat yang akan menjalani sesi wawancara selain Anda, bisa saja Anda akan dicoret dari daftar dan digantikan oleh kandidat lain dan Anda akan disuruh pulang.

Kedua, sekalipun Anda tetap bisa menjalani sesi wawancara sampai selesai, bisa saja Anda tidak akan dipanggil lagi untuk menjalani proses selanjutnya, ini dikarenakan pewawancara akan menilai bagaimana Anda bisa menjadi karyawan yang disiplin? kalau saat menjalani wawancara saja Anda datang terlambat?

3. Salah mengenakan pakaian

Ini sangat penting untuk diperhatikan, cara Anda berpakaian tentu saja akan menjadi salah satu penilaian dimata pewawancara, pakailah pakaian yang semestinya. Jangan mengenakan aksesoris yang tidak seharusnya dikenakan / berlebihan.

Kenakan pakaian yang sopan, rapi, bersih dan tentunya wangi, ini bertujuan agar Anda bisa memberikan impresi pertama yang menarik bagi pewawancara sehingga pewawancara tertarik kepada Anda.

4. Gugup ketika menjawab pertanyaan

Jangan biarkan ini terjadi, jangan biarkan Anda terlihat "bodoh" didepan pewawancara, persiapkan diri Anda sebaik mungkin sebelum sesi wawancara berlangsung agar Anda dapat menjawab setiap pertanyaan dari pewawancara dengan tenang dan meyakinkan.

Tataplah wajah pewawancara dengan penuh keyakinan dan usahakan kepala Anda tidak menunduk ketika manjawab pertanyaan.

5. Terlalu percaya diri

Percaya diri itu baik, namun akan menjadi kurang baik kalau sikap percaya diri Anda terlalu berlebihan, terlebih ketika Anda berhadapan dengan seorang pewawancara, alih-alih ingin menyakinkan pewawancara, yang ada justru pewawancara akan menganggap Anda adalah orang yang sombong dan arogan.

Jawablah pertanyaan dari pewawancara seperlunya saja, jangan sampai berlebihan ketika menjawab setiap pertanyaan yang diberikan, jangan pula menunjukan kualitas dan keahlian Anda secara berlebihan kepada pewawancara.

6. Terlalu tinggi meminta gaji

Kesalahan terakhir yang biasanya dilakukan yaitu meminta gaji yang terlalu tinggi, gaji yang tinggi merupakan tujuan setiap orang ketika melamar pekerjaan, namun sebaiknya Anda mengukur kemampuan Anda sebelum mengajukan gaji yang tinggi diperusahaan yang Anda lamar, ajukanlah gaji yang sewajarnya dan sesuai dengan keahlian yang Anda miliki.

Kalau tidak, maka perusahaan akan menganggap Anda adalah kandidat yang tidak tahu diri karena meminta gaji yang jauh diatas kemampuan Anda. Persoalan nego gaji ini memang cukup sulit, dimana Anda sebagai pelamar tentu saja sangat tidak mengharapkan digaji murah, namun disisi lain permintaan Anda yang terlalu tinggi juga akan menjadi pertimbangan bagi pihak perusahaan untuk merekrut Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari informasi mengenai "pasaran" gaji diperusahaan tersebut sebelum wawancara berlangsung, salah satu situs yang bisa dijadikan acuan untuk mencari tahu pasaran gaji disuatu perusahaan yaitu www.qerja.com.

Demikianlah 6 Kesalahan yang harus Anda hindari ketika wawancara berlangsung, semoga Anda senantiasa mendapatkan pekerjaan impian yang sesuai dengan keahlian Anda, semoga bermanfaat.